Jul 11, 2014

Home » » » Memproteksi Rumus/Formula Microsoft Office Excel 2007

Memproteksi Rumus/Formula Microsoft Office Excel 2007

Microsoft excel merupakan program pengolah angka yang menurut saya paling populer di dunia. dimana kegunaannya sangat handal dalam mengolah angka. Kemarin saya mendapat tugas di kantor untuk membuat sebuah form/ blangko/ template dari microsoft office excel untuk sebuah pendataan dimana yang akan mengisi data adalah orang lain. Timbul keraguan saya apabila nanti format input tidak sesuai atau rumus yang terhapus akibat human error. Untuk itu saya memakai sedikit trik untuk memproteksi rumus atau formula di microsoft office excel. berikut caranya :
  1. Hilangkan Proteksi Cell seluruh cell dengan cara : Select all cells (bisa tekan [Ctrl]+A atau klik kotak bergambar segitiga pada pojok kiri atas cells), kemudian klik kanan --> Format Cells--> tab Protection --> hilangkan tanda centang pada kotak Locked.
  2. Seleksi cell yang akan di proteksi dengan cara : tekan F5 --> Special --> Formulas (biarkan semua kotak terseleksi) --> maka akan terseleksi semua cell yang mengandung rumus/formula.
  3. Setelah cell yang terdapat rumus sudah terseleksi, klik kanan pada cell yang terseleksi --> Format Cells --> tab Protection --> beri centang pada kotak Locked.
  4. Langkah selanjutnya yakni, klik kanan pada nama sheet, pilih Protect Sheet --> masukkan password untuk proteksi --> klik Ok.
  5. Maka Rumus yang sudah dibuat sudah terproteksi. Jadi, orang lain yang menggunakan template atau blangko yang saya buat tidak bisa menghapus rumus/ formula.
Demikian sobat semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi sobat yang ingin memproteksi rumus / formula microsoft office excell 2007.

Artikel yang Berkaitan :

1 comments:

Anonymous said...

makasi bgt tutor nya gan

Post a Comment

Para pengunjung yang terhormat, berhubung saya baru belajar, mohon kritik dan saran yang membantu..

silakan tinggalkan komentar...

Protected by Copyscape Online Plagiarism Check