Apr 19, 2011

Home » » mengembalikan grub ubuntu [Lucid Lynx]

mengembalikan grub ubuntu [Lucid Lynx]

Ketika dulu saya mengalami masalah windows 7 yang tidak bisa booting, sekarang malah kebalikannya.. Ubuntu yang tidak dapat booting, akibat install ulang windows. Ini karena grub ubuntu yang tertimpa oleh mbr windows.
Nah, pepatah mengatakan, "setiap masalah pasti ada jalan keluarnya". begitu juga dengan grub ubuntu yang hilang yang berakibat kita tidak dapat masuk ke sistem ubuntu.

Dibawah ini saya akan menceritakan pengalaman saya mengembalikan grub ubuntu (grub versi 2) kepunyaannya ubuntu 10.04 [lucid lynx].


cara mengembalikan grub versi 2 ubuntu  [Lucid Lynx]
  1. boot komputer lewat live CD atau live USB
  2. lihat dulu pada partisi mana sistem ubuntu kita di install
    caranya : buka terminal, ketikkan

    sudo fdisk -l

  3. "mount" partisi tempat Sistem Ubuntu diinstall
    (misalnya disini saya contohkan sistem ubuntu terinstall pada partisi sda5)
    maka ketikkan perintah:
    sudo mount /dev/sda5 /mnt
  4. install grub pada partisi sistem ubuntu

    sudo grub-install --root-directory=/mnt/ /dev/sda
  5. Restart komputer

    sudo reboot
    boot tanpa live cd atau live usb
Jika anda mengalami hal yang sama seperti saya, mungkin bisa dicoba cara diatas,
Semoga berhasil kawand...!!

Artikel yang Berkaitan :

3 comments:

adi said...

@blogtrik : oke.. makasih atas komentarnya

Aprilia Dewi Pranoto said...

mas..tolongin ... gue nginstall ubuntu 10.11 sebelumnya pake sabily 10.04 mau dibalikin ke 10.04 karena aplikasi zekrnya gak bisa kebuka gmn yah?? gue mau balik ke 10.04 trmksih :)))

Mkhuda said...

Thanks mas ! Sering membantu tutorial yang ini gara2 harddisk saya bad sector ! :(

Post a Comment

Para pengunjung yang terhormat, berhubung saya baru belajar, mohon kritik dan saran yang membantu..

silakan tinggalkan komentar...

Protected by Copyscape Online Plagiarism Check