Dec 18, 2010

Home » » Pemrograman java di ubuntu

Pemrograman java di ubuntu

Udah bosen dengan Sistem operasi WI**owS yang berbayar, belum lagi lambat n bikin puyeng, saya perlahan beralih ke opensource, meskipun agak berat, namun saya terus mencoba dengan perlahan..
apa lagi pas dapet materi pemrograman java.. duh.. windows ku sering hang!! ya udah saya ganti aja dengan ubuntu. Untuk dapat melakukan pemrogramman java di ubuntu, saya menyiapkan persiapan berikut..
  1. menginstall jre (java runtime environtment) untuk mengeksekusi programnya
  2. menginstall jdk (Java development kit) untuk mengkompile programnya
  3. menginstall geany (semacam teks editor seperti edit plus di windows ) maklum kalau pake terminal agak susah.. heh hehe
langkah pertama, saya membuka terminal, kemudian melakukan langkah dibawah ini :
pertama saya menambahkan daftar repository di ubuntu
sudo add-apt-repository "deb http://archive.canonical.com/ lucid partner"
kemudian saya update
sudo apt-get update
barulah saya install jre nya
sudo apt-get install sun-java6-jre
kemudian jdk
sudo apt-get install sun-java6-jdk
setelah itu saya menginstall teks editor bernama geany
sudo apt-get install geany
nah.. sepanjang saya telah menginstall hal diatas, saya sudah bisa melakukan pemrograman java di ubuntu saya.. anda punya pendapat lain? silakan tinggalkan komentar.. terimakasih

Artikel yang Berkaitan :

2 comments:

aryo said...

nice info gan

adi said...

history : he he he.. perlahan demi perlahan... saya juga baru belajar..

Post a Comment

Para pengunjung yang terhormat, berhubung saya baru belajar, mohon kritik dan saran yang membantu..

silakan tinggalkan komentar...

Protected by Copyscape Online Plagiarism Check