Jan 9, 2011

Home » » Backup dan Remaster ubuntu 10.04(Lucid Lynx)

Backup dan Remaster ubuntu 10.04(Lucid Lynx)

ketika ubuntu saya masih di install di dalam sistem windows saya telah menginstall paket-paket dan permak abis ubuntu saya tersebut, seperti mengganti bootscreen, atau menginstall effect keren dan lain-lainnya, sampai ketika saya ingin menginstall ulang ubuntu dengan partisi tersendiri, saya jadi ragu karena harus menginstall lagi paket-paket dan download lagi ampe mata kering...

kemudian saya temukan solusinya dengan mem-backup sistem ubuntu. Yaitu dengan bantuan Remastersys. Selain itu dengan tool ini, seluruh isi dari sistem akan di backup dan dibuatkan installer yang baru(remaster),sehingga dapat kita distribusikan ke teman dekat atau kerabat.  Cara nya gampang..

pertama daftarkan alamat repository remastersys dari geekconnection. Buka terminal ketikkan perintah berikut

gksudo gedit /etc/apt/sources.list

tambahkan baris berikut :

# Remastersys
deb http://www.geekconnection.org/remastersys/repository karmic/

simpan dan keluar..

kemudian update source listnya
sudo apt-get update

baru deh install remastersys nya
sudo apt-get install remastersys

cara menggunakannya, buka system → administration → remastersys backup. Untuk pilihan metode backupnya silakan baca sendiri


jika ingin membuat live CD/DVD dari sistem anda tanpa menyertakan password dari sistem anda, silakan pilih dist. Atau jika ingin membackup sistem keseluruhan beserta passwordnya pilih saja backup.
“Untuk mode dist, username default adalah custom dan tidak berisi password

tunggu sampai proses pembuatan live CD/DVD selesai dan dapat di tes di virtual machine/ virtual box.

Artikel yang Berkaitan :

2 comments:

Dian's said...

wah.. info penting ini.. Saya jg pake Ubuntu sama Debian sob.. Sama Linuxer kita.. hehe.. Salam dari Malang.

adi said...

yeah.. salam open source.. ha ha ha

Post a Comment

Para pengunjung yang terhormat, berhubung saya baru belajar, mohon kritik dan saran yang membantu..

silakan tinggalkan komentar...

Protected by Copyscape Online Plagiarism Check