Apr 26, 2010

Home » » » Pemakaian Banyak Antivirus

Pemakaian Banyak Antivirus


Apa kabar teman-teman semua?? Bagaimana kabar anda?
Hm… pasti baik..
Yah.. semoga begitu..
Tapi ini tidak berlaku dengan saya sendiri…
Lho?? Kenapa??
Bagini ceritanya.. gue punya komputer nih.. karena gue kesal dengan virus-virus yang sering menyerang komputer gua. Contohnya aja nih… komputer sering restart sendiri, kadang windows explorernya hilang sendiri, pas ngetik di microsoft word, eh.. layarnya jadi bergerak sana kemari.. dan lain lagi..!!

Sekarang saya bertanya pada anda… anda kalau mengalami hal yang sama seperti saya tadi jengkel nggak??...
Trus, apa yang anda akan lakukan??
He he he.. jangan dijawab.
Saya kemudian menginstal beberapa antivirus. Sampai 4 antivirus baik lokal maupun internasional. Nah.. karena menurut saya, banyak antivirus, akan lebih baik.
Tapi pemikiran saya tersebut akhirnya terpatahkan oleh kejadian yang tak saya duga sebelumnya. Komputer saya lambaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaat bukan main!! Trus sering hang!! Apalagi pas strart up. Waah!! Bukan main dah!!
Trus saya bertanya kepada orang yang menurut saya lebih kompeten di bidang komputer. Kalo saya ingat-ingat, beliau berkata seperti ini :
Sebelum menginstal beberapa antivirus, kamu harus mempertimbangkan hal-hal dibawah ini :
Jika berniat menginstal banyak antivirus akan menimbulkan beberapa efek baik pada memory maupun system. Beberapa pengaruhnya antara lain.
PENGARUH PADA SISTEM OPERASI
Pemakaian dua antivirus secara umum pasti mengeluarkan efek, yaitu lebih pada konteks sistem. Pemakaian dua atau lebih antivirus bisa saja menyebabkan persaingan service keamanan. (wah… pernahkah anda mengalami antivirus yang menganggap antivirus lainnya sebagai virus??) he he he… ternyata bukan manusia saja yang suka bersaing..
Tapi hal ini katanya "jarang terjadi" namun ketika persaingan tersebut telah memunculkan konflik internal sistem, akibatnya bisa sangat berbahaya.
Berbahaya gimana??
Kemungkinannya akan menyebabkan memory komputer crash!! (crash itu apa ya?? Rusak kali ya?? He he he… saya hanya diam melongo mendengar hal itu)
2. PENGARUH PADA RESOURCE MEMORY
Pemakaian beberapa antivirus, pasti membutuhkan resource memory yang besar bandingkan pada pemakaian satu antivirus saja. Bayangkan!! RAM bisa terpakai beberapa persen untuk menghandle service yang diberikan. meski kita tidak menyadari, sebenarnya pemakaian auto protect, system monitor, atau resident shield  sangat menguras kapasitas memory.
Wah!! Kayaknya gue kena nih.. he he he..  kejadian saya yang saya ceritakan diatas mungkin berada pada kasus ini.. komputer gua jadi lemooooooot abizzzz!! .
Tapi pertanyaannya bagaimana jika komputer kita dipasangi RAM yang besar?? Semisal 8 Gigabyte…atau berapa?? Nah… beliau mengatakan, itu tak jadi masalah…

3. PENGARUH PADA REGISTRY
Jangan salah, pemakaian antivirus berlebihan juga menimbulkan efek pada rigistry juga lho.., meskipun efek ini jarang terjadi!
Ini bisa terjadi apabila antivirus yang dipakai memiliki kesamaan struktur instalasi dan lokasi registry . Antivirus tersebut sering menyebabkan problem registry,
Contoh sederhana:
ketika anda telah telah meng-uninstal habis antivirus yang sebelumnya anda pakai,  kemudian anda berniat mengganti dengan variant antivirus lain yang anda anggap sakti mandraguna. namun ketika anda memulai melakukan proses instalasi antivirus baru, ada pemberitahuan bahwa anda harus meng-uninstall antivirus yang sedang anda pakai,,nah… lhoo???"
hal ini bisa saja terjadi, Tapi jarang. Lho… kalau jarang, kenapa mesti di posting sih??
Nah… tak ada salahnya kan??
Namanya juga informasi kok..

Setelah itu, saya tertegun…..
Jadi kesimpulannya apa??
Ya… hanya diri anda yang bisa menyimpulkan sendiri.. he he he
Kalau menurut saya sih… Tak perlu memakai antivirus berlebihan. (yang saya maksud berlebihan adalah pemakaian lebih dari 2 antivirus). Satu aja cukup kok. Asal selalu di Update. Nah.. niscaya komputer anda akan lebih aman dari sebelumnya. H eh ehe… ini juga tergantung lho…
Okeh… sekian ocehan saya hari ini.
Terima kasih atas bpk. Ketut lecir atas informasinya.. he he he… kurang lebih seperti itu.
Memang ini tidak logis sama sekali. Saya hampir tidak percaya ketika saya mendengar hal itu. Coba pikir kembali. Data-data yang mendukung hal diatas tadi tidak akurat.
Lho.. KOK?
Hwhwhwhoooos!! Coba deh baca ulang.. banyak terdapat kata “ini jarang terjadi, kemungkinan, mungkin…..” nah… kata-kata “jarang terjadi” kata-kata”mungkin” .. itu menandakan informasi yang gabeng!! (gabeng itu = ragu) he he..
Tapi tak apalah.. ini sebagai dorongan untuk saya membuktikan hal diatas tadi benar atau tidak. Toh juga sebagai tambahan wawasan..
Salam…

Artikel yang Berkaitan :

0 comments:

Post a Comment

Para pengunjung yang terhormat, berhubung saya baru belajar, mohon kritik dan saran yang membantu..

silakan tinggalkan komentar...

Protected by Copyscape Online Plagiarism Check