Apr 27, 2010

Home » » » Dibalik Sukses Microsoft

Dibalik Sukses Microsoft




Para pembaca yang terhormat, kalian pasti tahu siapa Bill Gates bukan?

ya!! benar..

beliau adalah salah satu pendiri perusahaan raksasa. apalagi  kalau bukan Mirosoft. yang terkenal dengan sistem operasi Windows. tentunya.. Dan teman-teman semuanya pasti setuju akan hal itu... benar??




Bill gates dan Paul Allen merintis Microsoft pada tahun 1975. Perusahaan tersebut ketika itu masih kecil, tetapi mempunyai mimpi "Sebuah Komputer diatas setiap meja kerja di setiap rumah, menjalankan perangkat Microsoft". Microsoft menciptakan sistem MS-DOS, kemudian membuat Windows yang terdapat di hampir setiap rumah dan kantor, Akirnya sekarang terbukti, sistem operasi Windows menguasai hampir 80% sistem operasi dunia.

Untuk menggapai mimpi tersebut, MIcrosoft hanya memperkerjakan orang-orang cerdas dan kemudian membentuk tim-tim kecil yang kreatif untuk mengerjakan suatu proyek dalam waktu tertentu. Setiap individu mempunyai peran yang sesuai dengan pengetahuan dan  keterampilan masing-masing. Setiap Unit diperusahaan ini melakukan pekerjaan dengan pola yang relatif sama, yaitu membentuk tim kerja yang relatif kecil dan secara bersama-sama menyelesaikan tugas dengan sukses.

Setiap tim kerja Microsoft mempunyai kebebasan untuk menentukan cara terbaik menyelesaikan tugas dengan kreativitas yang mereka miliki. Meskipun demikian, kebebasan tersebut tetap dibingkai oleh pedoman tertentu. Keputusan-keputusan kecil masih menjadi kekuasaan ketua tim kecil. Rancangan besar tujuan dan kegiatan proyek selalu dipresentasikan kepada semua anggota untuk dibahas secara bersama-sama. Setiap tim kerja mengajukan cara pendekatan yang digunakan untuk menyelesaikan suatu proyek. Proposal kemudian didiskusikan dan dibahas. Jika proposal ditolak, tim kerja harus membuat proposal baru. Keberhasilan Microsoft bukan semata-mata karena Bill Gates dan Paul Allen, tetapi lebih ditentukan oleh tim kerja.

Nah… setelah saya membaca kutipan tersebut, saya akhirnya menyadari. Bahwa keberhasilan tidak disebabkan semata-mata oleh kepintaran dan oleh keindividuan dan egoisme. Akan tetapi lebih karena kerjasama tim yang super.

Tentunya pembaca sekalian setuju dengan pendapat saya , bukan?

Sekarang pilih mana…
Antara persaingan dengan kerjasama??

Toh.. sekarang banyak sekali sekolah-sekolah yang memamerkan slogan. LULUSAN YANG MAMPU BERSAING DI DUNIA GLOBAL…(bla bla blab la..) Jarang ada sekolah yang berslogan “LULUSAN YANG MAMPU BERKERJASAMA” ..

Dan pastinya anda juga setuju dengan pendapat saya tersebut..kan??

Persaingan menyebabkan perpecahan, tapi kerjasama menyebabkan kesenangan (kalo orang egois lain lagi pemikirannya).

Nah.. renungan  yang saya dapat adalah, Untuk mencapai sebuah impian, kita ada baiknya melakukan kerjasama, dan kekompakan team. Jangan sok mau menang sendiri, merasa diri paling pintar dan tidak membutuhkan bantuan orang lain. Itu suatu kesalahan yang tidak mesti dilakukan menurut saya. Mengapa??

Ya.. itu tadi jawabannya…


Degan tidak mengurangi rasa hormat dan dengan tujuan menyebar luaskan informasi demi kemajuan ilmu pengetahuan, maka saya kutip beberapa kalimat dari buku Smart in Ladership karangan M.Suyanto.
(ciele.... bilang copy paste aja kok repot. he he he )

Sekian yang bisa saya celotehkan..

Bagaimana menurut anda??



Artikel yang Berkaitan :

7 comments:

seo said...

Setuju gan.. kerjasama tuh diatas segalanya.. mari bekerja sama dalam dunia cyber kalo begitu.. salam kenal dan salam sukses buat sobat adi waskito.blognya keren euy, cakep dan ciamik tenan postingannya.

junjung said...

saya pasti keliling antariksa kl jadi dia :D

Adi Waskito gendeng said...

seo : he he he... mari bekerja sama!! blog ini masih dalam tahap pengembangan gan.. jadi maklum apa adanya.. he he he..

junjung : sekalian aja keliling surga ... (kwkwkwkwk!)

guest said...

kunjungan mlm,, slm kenal, jangan lupa mampir ya

Farixsantips said...

Kita wajib bekerja sama coz kita makluk sosial.. Tanpa itu kita bukan apa apa hanya manusia sendiri tak berdaya... Maka dari itu kurangilah sikap individualisme.. supaya sukses seperti bill gates diatas (LOL) XD
Farixsantips

Adi Waskita Dharma said...

Farixsantips : bener tuh sob... he he heh ..mari kita bekerja sama

Aldy Ardyansah said...

bener banget , Kerjasama bikin kita ga Egois

Post a Comment

Para pengunjung yang terhormat, berhubung saya baru belajar, mohon kritik dan saran yang membantu..

silakan tinggalkan komentar...