Dec 10, 2010

Home » » ganti Boot Screen Ubuntu

ganti Boot Screen Ubuntu

sekarang saya mau cerita sedikit tentang pengalaman saya mengganti boot screen/plymouth ubuntu 10.04 di laptop saya (kalau di ubuntu disebut dengan plymouth).. saya di kasi tahu oleh seorang teman baik. he he.. yuk langsung saja..

pertama, saya download dulu plymouthnya.. di situs www.gnome-look.org
(saya mendownload ubuntu-sunrise plymouth. Keren lho.. kayak sunrise di pantai. He he he. )
kayak gini nih..

setelah saya download, plymouthnya masih berupa file.tar.gz. Lalu saya ekstrak filenya 
kemudian saya salin folder ubuntu-sunrise ke direktori /lib/plymouth/themes
karena file.tar.gz tadi saya ekstrak di direktori Unduhan, maka saya mengetikkan perintah berikut di terminal
sudo cp -R ~/Unduhan/ubuntu-sunrise /lib/plymouth/themes
masih di terminal (bukan terminal bus lho...) ,saya  mengetikkan perintah berikut
sudo update-alternatives –install /lib/plymouth/themes/default.plymouth default.plymouth /lib/plymouth/themes/ubuntu-sunrise/ubuntu-sunrise.plymouth 200
kemudian saya ketikkan lagi
sudo update-alternatives --config default.plymouth

terlihat urutan plymouth yang terinstall pada laptop saya. 


Karena saya ingin menggunakan ubuntu-sunrise sebagai plymouth default, maka saya memilih nomer 4. Saya mengetikkan angka 4 di terminal, Dilanjutkan dengan mengetikkan perintah berikut
sudo update-initramfs -u
kemudian saya restart komputer, dan melihat hasilnya..Wow sungguh cantik.. 

itu tadi cara mengganti plymouth ubuntu 10.04 secara konsole. Saya juga pernah memakai secara GUI (graphic user interface). Saya jadi tidak repot untuk mengetikkan perintah di terminal. Tinggal klik sana klik sini, jadi deh.. 

namanya Splash Screen Manager, dari zorin-os.webs.com saya download di sini (Maaf, sementara link donwloadnya sudah mati. Agan bisa cari cari di google. Trims)

itu tadi pengalaman saya mengganti boot screen /plymouth di ubuntu 10.04 kesayangan saya.. bagaimana dengan anda kawan? Punya cara lain?

Artikel yang Berkaitan :

3 comments:

Tutut Sii Kecoa Buntut said...

boss...
gae cg blog sik nah...
anggo ngirim tugas di pak hendra...
okeh...

Anonymous said...

tapi kenapa punyaku..
waktu disalin ke folder /lib..kok diijinkan ya..
tolong bantuannya

Adi Waskita Dharma said...

@anonymous kalau di ijinkan mungkin agan masuk sebagai mode root.

Post a Comment

Para pengunjung yang terhormat, berhubung saya baru belajar, mohon kritik dan saran yang membantu..

silakan tinggalkan komentar...