Dec 26, 2010

Home » » Sharing File di Ubuntu

Sharing File di Ubuntu

pada waktu yang lalu, pamanku menyuruh saya untuk menginstall ulang laptopnya menggunakan sistem operasi windows 7. (masalah install ulang tidak perlu di ceritakan...he he ) sekarang permasalahannya adalah saya ingin mengirim file lagu dan lain-lain di yang terdapat dilaptop saya ke laptop paman saya itu, namun flasdisk saya dipinjam oleh teman saya. duh!! terpaksa deh pake LAN. Akan tetapi laptop saya menggunakan sistem operasi Ubuntu 10.04.


permasalahan yang timbul adalah : bagaimana ya cara sharing file di ubuntu 10.04 dengan Windows7? (maklum.. masih newbie). Saya cari di google... kemudian, saya bingung dengan begitu banyaknya cara yang ada, akhirnya saya putuskan untuk mencoba salah satu...

untuk persiapan :
Kabel UTP (Unshield Twisted Pair) / Kabel LAN
koneksi Internet

begini ceritanya :


di laptop ubuntu....... 



saya klik kanan folder yang akan disharing, pilih "sharing option", kemudian saya klik "Share this Folder"


kemudian malah muncul peringatan seperti dibawah ini :



Katanya ada paket untuk sharing file belum terinstall (perlu koneksi internet untuk menginstallnya). Untung di rumah ada koneksi internet, kemudian saya klik "install service".
sambil menunggu, saya ambil air putih.. (haus deh,,)

sampai akhirnya selesai mendownload dan menginstall paket,...
kemudian saya centang checkbox "Share this folder", kemudian klik "Create Share"

Untuk sharing folder sudah selesai.
Sekarang saatnya untuk mengatur IP addres laptop Ubuntu .
saya langsung menuju Network Connections dari System -> Preferences -> Network Connection

pada tab "Wired" saya pilih "Auto eth0", kemudian klik Edit.

menuju Pada tab "IPv4 Settings",saya set Method ke Manual, kemudian saya tambahkan IP Addres 192.168.1.2 , subnetmask 255.255.255.0 gatewaynya, saya biarkan kosong. Klik Apply.
Siip!! ,




sekarang saya beralih ke laptop Windows....




saya setting IPv4 menjadi address 192.168.1.1, subnetmask 255.255.255.0 gateway biarkan kosong. 
siip!!
Mulai Sharing File...
setelah saya selesai menyeting IP masing-masing laptop, saya menuju ke windows explorer. Pada address bar, saya ketiikan IP laptop ubuntu (\\192.168.1.2) kemudian Enter.

lalu.. masukkan username dan password laptop ubuntu :

selesai deh!! dan ternyata saya telah berhasil sharing file dari Ubuntu ke Windows 7



Saya salin beberapa File seperti lagu, gambar, dan lain-lain dari laptop saya ke laptop paman saya dengan lancar....

Artikel yang Berkaitan :

3 comments:

aryan said...

Saya pakai cara ini untuk sharing dari ubuntu 11.04 ke xubuntu 11.10 kok gag bisa ya? atau cara saya yang kurang bener? mohon bantuannya...

Adi Waskita Dharma said...

iya nih.. saya juga tidak bisa.. mungkin kendala di samba nya..
mungkin agan bisa bertanya ke
Forum Ubuntu

Anonymous said...

gan pke WI_fi gmna

Post a Comment

Para pengunjung yang terhormat, berhubung saya baru belajar, mohon kritik dan saran yang membantu..

silakan tinggalkan komentar...