Apr 30, 2010

Home » » mempercepat shutdown melalui registry

mempercepat shutdown melalui registry

Pernahkah teman-teman sekalian mengalami hal seperti lamanya proses shutdown pada sistem operasi windows xp??. pasti teman-teman jengkel bukan?? 

yak, benar!!


seperti pepatah mengatakan "Time is Money" yang kalau enggak salah artinya waktu adalah uang. Nah, kalau kejadian seperti lamanya proses shutdown komputer, nah.. berapa uang yang kamu buang?? lho?? kok larinya kesana?

he he he.. ya udah..


sekarang waktunya serius...


Lamanya proses shutdown ini terjadi dikarenakan windows sebelum benar-benar shutdown, terlebih dahulu menyimpan pengaturan terakhir yang terdapat pada komputer anda. Contohnya saja sebelum shutdown anda pernah mengubah tampilan desktop, posisi icon, tampilan icon,  dan lain sebagainya. Nah otomatis windows akan menyimpan setingan tersebut sebelum shutdown. Hal ini lah yang berpotensi memperlambat proses shutdown pada komputer.


nah... pertanyaannya adalah, bagaimana mengatasi hal tersebut?
salah satu caranya adalah menghentikan proses penyimpanan sebelum shutdown tadi. Tapi bagaimana caranya?


sebenarnya banyak cara. namun kali ini saya menggunakan jalan registry. Jangan tanya mengapa saya menggunakan registry. tapi lihat hasilnya saja ya..?? he he he..(tapi kalo boleh saya jawab, karena agar sesuai dengan judul postingan nya. he he he)
yuk langsung saja :



terlebih dahulu harus masuk ke dalam registry editor, caranya adalah sebagai berikut :pada menu start, klik run. atau tekan kombinasi tombol windows + r  pada keyboard secara bersamaan, kemudian tekan enter.

ketikkan regedit, kemudian tekan enter.


setelah masuk pada registry editor, masuk pada 

HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer
setelah itu pada jendela sebelah kanan, cari key yang bernama NoSaveSettings. klik duakali key tersebut. Ganti angka 0 pada key tersebut menjadi 1. (angka 1 untuk me-nonaktifkan proses penyimpanan, sedangkan 0 untuk menyimpan.)
Nah.. kemudian lakukan hal yang sama pada key yang terletak pada :

HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer.

demikian tutorial kali ini, semoga dapat menghapus kejengkelan yang teman-teman alami akibat lamanya proses shutdown pada windows xp.


Salam..

Artikel yang Berkaitan :

0 comments:

Post a Comment

Para pengunjung yang terhormat, berhubung saya baru belajar, mohon kritik dan saran yang membantu..

silakan tinggalkan komentar...

Protected by Copyscape Online Plagiarism Check