May 2, 2010

Home » » Processor

Processor

Salam Hangat Buat sobat bloger semua…

Apa kabar kalian hari ini??

Saya harap baik. Karena itu yang saya harapkan.(he he)

Pernahkah Sobat Bloger semua membeli CPU / Prosesor??. Tentu Sobat pernah mendengar istilah Clock Speed 2,3GHz, L2 Cache, FSB 800 MHz.? atau dibrosur pernah membaca misalnya Prosesor Intel Celeron, 2,3GHZ, L2 Cache, 800 Mhz.

Sebenarnya apa arti spesifikasi tersebut??

Oke, sebelum itu, saya bahas tentang prosesor itu sekilas..

Prosesor atau dikenal juga Central Processing Unit merupakan pusat pengeksekusi setiap tugas atau perintah baik yang berupa data maupun yang berupa informasi di dalam sistem komputer. Prosesor juga merupakan komponen terpenting yang memiliki prosentase terbesar didalam menentukan baik buruknya sebuah komputer.

Prosesor dibuat dengan bahan dasar inti Silicon. Silicon ini biasanya didapat dari butiran pasir (sand-beach) yang menghasilkan silika. Nah… dari silika ini akan dihasilkan silicon, yang ujungnya diproses menjadi silicon wafer. Silicon wafer berbentuk tipis dan bulat dipotong-potong menjadi irisan kecil yang disebut wafer. Wafer merupakan intisari dari prosesor yang didalamnya mengandung komponen dan rangkaian elektronik berukuran nano yang sangat rumit. Keseluruhan proses ini dibuat dalam ruangan zona bebas debu, karena komponen-komponen berukuran nano dapat rusak oleh partikel asing. Staff yang terlibat dalam pembuatan prosesor biasanya menggunakan pakaian khusus yang disebut “bunny” seperti astronot.

Nah.. sekarang baru deh ke karakteristik Penting Prosessor

Clock speed

Clock speed menunjukkan seberapa cepat prosesor bekerja (memproses data) dalam satu detik. Satuan Clock speed adalah yang sampai saat ini adalah Gigahertz (GHz). Clock speed merupakan faktor paling penting pada prosesor, karena fungsi prosesor adalah sebagai pengolah data. Clock speed dapat dianalogikan sebagai kecepatan mobil (Km/Jam).

Misalnya saja pentium 4 yang mempunyai Clock speed 3,2 GHz. Itu artinya inti prosesor mampu memproses setara dengan 3,2 miliar per detiknya. ( wah.. bisa dibayangin gak tuh?)

Front Side Bus

Front Side Bus merupakan satuan kecepatan ketika data ditransfer ke Memory Utama yang biasa kita sebut RAM (Random Acess Memory). Dengan kata lain, Jika Clock Speed merupakan pengolahan internal prosesor, maka FSB (Front Side Bus) merupakan kecepatan ketika data dibawa keluar/ masuk prosesor.
Satuan FSB (Front Side Bus ) adalah MegaHertz (MHz)

Cache Memory

Cache Memory merupakan memory khusus yang diintegrasikan pada inti prosesor. Memory ini berkecepatan tinggi (high speed memory) agar prosesor mendapatkan pasokan data dengan cepat. Cache berfungsi untuk menyimpan data secara sementara tapi sangat penting artinya dalam membantu kinerja prosesor. Kebanyakan Prosesor memiliki L1 Cache dan L2 Cache, tapi ada juga yang memiliki L3 Cache.

Oke, Sudah jelas Sobat semua?? He he.. saya harap sudah mengerti..

Sekian dari saya, semoga dapat membantu sobat semua.

Salam..


(Refferensi :Computer Guide, GavaMedia, yogyakarta)

Artikel yang Berkaitan :

0 comments:

Post a Comment

Para pengunjung yang terhormat, berhubung saya baru belajar, mohon kritik dan saran yang membantu..

silakan tinggalkan komentar...