May 8, 2010

Home » » » Bahaya Mouse Optik

Bahaya Mouse Optik

setelah saya dengan tertarik membaca sebuah artikel di blog salah satu sobat bloger (maaf, lupa alamat blognya... he he) kayaknya perlu di seberluaskan.. kalo gak salah kutipannya seperti ini

"Kenyamanan optical mouse ternyata mempunyai efek samping yang berbahaya. Tiga tahun semenjak peluncuran pertama optical mouse oleh microsoft, telah ditemukan ribuan kasus kelainan pada jaringan tangan
akibat radiasi yang dipancarkan mouse. Optical mouse bekerja dengan memancarkan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi ke permukaan dibawahnya. Frekuensi yang digunakan jauh lebih tinggi dari pada pada handphone.


Telah diketahui secara luas bahwa telapak tangan dan kaki merupakanpusat ujung-ujung syaraf tubuh. Radiasi yang dirasakan oleh telapak tangan bisa berpengaruh fatal pada kesehatan, karena menurut laporan WHO, radiasi dari mouse setara 5 kali radiasi handphone. Akan tetapi radiasi mouse menjadi berbahaya karena dipegang terus menerus oleh pemakai komputer.Pengaruh radiasi dari mouse lebih terasa pada produk-produk berkualitas rendah, karena produk-produk yang bagus memiliki shield (pelindung) untuk melindungi pergelangan tangan.

WHO, GreenPeace, dan CNN sudah menghentikan penggunaan optical mouse untuk seluruh kegiatan di kantornya, sementara Microsoft dan IBM mengucurkan dana sekitar 2milyar dolar untuk kerjasama pembuatan pointing device yang lebih aman. Industri-industri hardware terbesar di cina dan Taiwan berusaha menutup-nutupi hal ini. Jika diperhatikan, mouse-mouse optical yang beredar di pasaran saat ini diproduksi oleh merk-merk yang tidak terkenal, padahal itu hanyalah sisa produksi industri besar yang sudah menghentikan penjualan.”

Nah… memang sumber yang tertera disana agak kabur. Namun tidak ada salahnya kalau kita mengambil sikap yang bijaksana untuk setidaknya bisa menghindari hal yang tidak kita inginkan bersama.

Saya dulu pernah merasakan, betapa telapak tangan saya sakit sekali selama seharian. Padahal saya enggak terkilir, atau pun karena kecelakaan yang lain. Saya curiga hal ini terjadi akibat saya memegang optical mouse dengan jangka waktu yang lama.

Nah, memang secara teoritis, Mouse optik tidak lah berbahaya sepanjang mouse tersebut menggunakan sinar LED (light emitting diode). Dan pada umumnya mouse optik di dunia ini menggunakan LED. Bahaya lampu LED yang terlalu terang hanya pada mata yang silau apabila terkena sinar dari LED mouse ini.

Yang berbahaya adalah apabila mouse optik tersebut menggunakan sinar yang berasal dari sinar laser. Sudah pasti sinar laser mengandung banyak sekali radiasi.

Sebenarnya, ada dua tipe mouse yaitu:
- Memakai LED (light emitting diode),
- Memakai Laser (Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation)
Kalo memakai LED saya kira lbh aman, karena itu hanya sejenis lampu biasa, namun bahayanya itu yg pakai laser krn radiasinya tinggi.

Namun seorang photografer, beliau menyangkal kalau sinar inframerah itu memiliki sinar radiasi yang berbahaya. Entah kenapa katanya frekuensi sinar laser itu tidak terlalu berbahaya.. nah lho???

Saya jadi bingung ini..

Kesimpulannya :

Tidak lah salah menggunakan mouse optikal yang menggunakan sinar laser. Namun perlu diketahui. Semua benda elektronik sebenarnya memiliki radiasi tersendiri. Entah itu LCD, monitor CRT, Televisi, Handphone, dan lain sebagainya. Nah sekarang kita sendirilah yang bisa menggunakan dengan bijak. Kalau menurut saya, peganglah mouse disaat  perlu saja. Toh juga banyak shortcut-shortcut di keyboard yang bisa dimanfaatkan sebagai pengganti mouse. Atau mungkin teman-teman memakai selop tangan anti radiasi (emang ada ya??) ha ha ha..

Terimakasih sudah membaca sampai akhir…

salam

Artikel yang Berkaitan :

5 comments:

Dee-nesia said...

makasih banyak kunjungan dan comment-nya di http://dee-nesia.blogspot.com
Hehe, kita memang harus lebih banyak belajar mas.
Kalau sekilas saya lihat blog Teknologi Informasi Go Green ini, saya agak ngeri, bukan apa-apa, sepertinya mas bertarung di bidang yang memang sudah "ramai" atau panas, artinya, persaingan yang mas hadapi sangat berat. Ini yang menjadikan posisi blog ini jadi berat di depan mBah Google. Saya tidak berani membuat blog di bidang yang mas ambil ini. Berat.
Selain itu, mas mungkin bisa mencoba bertukar link dengan blog lain. Kalau mas mau bisa juga tukeran link sama saya. Kemudian, ada baiknya mas masukkan blog mas ini ke beberapa blog direktori, bisa yang dari Indonesia atau yang dari luar negeri. Lintas berita sangat saya sarankan.
Bukannya menggurui mas, saya juga masih belajar, tapi itu yang saya lakukan selama ini, hasilnya? tidak terlalu bagus juga, karena saya sudah lumayan sibuk ngurusi hal-hal lain, jadi blog saya agak saya tinggalkan.
Semangat terus!!!!

Artikel Kesehatanq said...

ijin copy-paste mas ...

adi said...

dee-nesia : wow... masukan yang sangat brilian.. saya akan coba terobosan baru.. hehehe.. makasih banyak atas dukungannya.

artikel kesehatan : yoa.. silakan..

wiwit said...

Pantas saja tangan saya suka semutan setiap memegang mouse

Anonymous said...

pantas pergelangan ibu jari sering terasa sakit...

Post a Comment

Para pengunjung yang terhormat, berhubung saya baru belajar, mohon kritik dan saran yang membantu..

silakan tinggalkan komentar...

Protected by Copyscape Online Plagiarism Check