May 14, 2010

Home » » » » blog itu buat apa?

blog itu buat apa?


Siapa lagi yang tidak mengenal blog saat ini. Memiliki blog sendiri adalah trend di masa kini. Banyak yang sekedar ikut-ikutan atau malah ada yang serius dengan blognya. Sebenarnya blog itu buat apa? Kita harus kembali bertanya kepada diri sendiri. Ketika saya bertanya kepada teman-teman saya yang sudah bisa menghasilkan uang melalui blognya, “sebenarnya blog itu buat apa?” yeah. Dia menjawab untuk berbagi informasi, tapi tak jarang digunakan untuk ikut-ikutan trend yang tanpa tahu arti sebenarnya web blog itu.

Nah bagaimana menurut anda?

Bukankah tujuan utama blog itu adalah untuk mengekpresikan diri melalui tulisan-tulisan dan berkenalan dengan bloger (orang-orang yang berkecimpung di bidang blog), kemudian saling bertukar informasi?. Meskipun keuntungan sampingan yang didapat adalah mengalirnya dolar melalui iklan-iklan yang dipasang di blog milik kita. (itu juga butuh kerja keras)

Tapi ada juga teman saya yang berkata “blog itu untuk menunjukkan seberapa terkenalnya kita di internet”. Demi membuat blog sendiri terkenal, tak jarang kita temukan hal-hal yang sangat tidak etis kalau menurut saya. Misalnya dengan mengganti homepage di browser menjadi alamat blog kita. (banyak sekali saya temukan di warnet). Juga komputer-komputer di kampus juga menjadi bahan sasaran prilaku ini. Tapi pertanyaannya adalah “apa hal itu salah?” jawabannya adalah tidak. Tidak ada yang salah dengan hal itu.

Untuk menaikkan trafik atau pengunjung blog ada istilah blogwalking (katanya) tapi ini memang benar adanya. Yaitu dengan saling menukar banner dan saling memberi komentar pada blog-blog teman. Tapi banyak yang saya temui bukan komentar yang membangun, tapi malah sekedar menitipkan alamat blognya tanpa membaca artikel blog yang diberi komentar (nah…lho..)  mungkin bisa dibilang ini menjengkelkan.

Memang ini tidak penting untuk dibahas..

Lalu untuk apa saya memposting hal yang tidak penting ini?

Sebenarnya saya menulis tulisan ini hanya sekedar menuangkan isi pikiran saya mengenai tujuan utama blog itu sendiri. Yang tak lebih adalah untuk saling bertukar informasi. Bukan sekedar nebeng beken!

Salam..

Artikel yang Berkaitan :

3 comments:

bung tobing said...

wah menarik ni mas adi.. mantaf..

adi said...

haha... salam kenal buat mas tobing andika

Galeri Kuliner said...

blog itu buat mengkritik dan dikritikk.. ^^

Post a Comment

Para pengunjung yang terhormat, berhubung saya baru belajar, mohon kritik dan saran yang membantu..

silakan tinggalkan komentar...

Protected by Copyscape Online Plagiarism Check