Apr 15, 2011

Home » » Dilema Pembajakan Software di Indonesia

Dilema Pembajakan Software di Indonesia

stop pembajakan software
Pembajakan Software di negeri ini memang masih memprihatinkan. Dari antivirus, Game, Sistem Operasi, dan Aplikasi komputer lainnya terdapat versi bajakannya [biasanya terjadi pada produk microsoft corp. Beserta software yang berjalan diatas sistem operasi windows] . Bahkan menurut media elektronik, peringkat negeri ini untuk tahun 2010 mendapat 10 besar negara dengan pembajakan software terbesar di dunia. Dan parahnya software-software bajakan tersebut beredar secara bebas dipusat perbelanjaan [mall], pedagang di pinggir jalan, toko-toko komputer, dan di internet, seolah-olah pembajakan software di Tanah Air  LEGAL adanya. Yang lebih memprihatinkan yaitu ketika software yang belum resmi diluncurkan bahkan sudah beredar di pasaran dan dapat dibeli dengan harga yang sangat rendah.. 20 ribu-an rupiah gan!!
Tidak kah kasihan melihat para developer yang setengah mati membuat hasil karyanya?????

Pembajakan Software adalah tindakan PENCURIAN!!
Pembajakan Software adalah tindakan BIADAB!!
Pembajakan Software adalah tindakan MEMBUNUH KREATIVITAS pengembangnya!!

misalkan anda sebagai pencipta sebuah program komputer yang canggih, dan untuk membuatnya  menyita waktu yang sangat lama dengan biaya yang tidak sedikit. Kemudian anda menjualnya.. namum program anda dibajak dan beredar di pasaran.. sehingga program anda jual dengan lisensi tidak ada yang beli. Yang Laris malah copy-an ilegal yang berakibat anda tidak mendapat uang dari penjualan software anda.(yang untung malah si pembajak yang menjual software buatan anda).

BAGAIMANA PERASAAN ANDA??????

untuk itu, mari kita merenung sejenak....

Memang jika harga software di Indonesia bisa dibilang Tinggi, itu karena harga Rupiah di dunia sangat rendah atau tingkat perekonomian masyarakatnya yang rendah. Jika kita pikir-pikir, harga software yang diberikan memang sepadan dengan manfaat yang didapat, dan biasanya vendor-vendor software sudah mengerti akan hal tersebut.. Makanya, suatu software disediakan beberapa versi., contoh nya saja sistem operasi windows 7 ada beberapa versi, dari yang starter, home edition, profesional, dan Ultimate dengan masing-masing harga yang sepadan yang disesuaikan dengan kantong anda. Sekarang terserah anda mau pakai yang mana.

Bagaimana jika kita sama sekali tidak punya uang untuk beli software asli? Toh masih ada alternatif lain seperti menggunakan OPENSOURCE dengan lisensi GNU nya. Dan perlu di ingat, opensource tidaklah jelek-jelek amat, bahkan sekarang hampir bisa menyaingi program yang komersil alias berbayar. Karena opensource bebas digunakan, dicopy, disebarluaskan, sangat bagus dipakai untuk belajar komputer..

dan saya sangat tidak setuju dengan sebuah statement seperti ini :
“ PEMBAJAKAN ITU BOLEH DILAKUKAN DEMI KEMAJUAN BANGSA INDONESIA”

Tahu akibatnya apa??

INDONESIA mendapatkan citra buruk di mata INTERNASIONAL.. dikucilkan dari perdagangan dunia... derajat bangsa menjadi rendah !! ( bahkan di negara tetangga bangsa kita disebut bangsa rendahan, penjahat, curang, dll)

Kalau saran saya sih.. jika tidak punya uang buat beli lisensi mendingan pake OPEN SOURCE..(contohnya saya,. Tidak punya uang beli software asli Microsoft Windows, perlahan belajar pakai Linux hingga sekarang ).


Oke, itu dulu pendapat dari saya.. mungkin anda punya pendapat lain yang lebih cerdas.. mari sharing ilmu bersama. Untuk penjelasan dari pembajakan software menurut undang-undang akan saya posting lain kali.. 
salam


(bersambung.....)

Artikel yang Berkaitan :

10 comments:

Anonymous said...

Mantap artikelnya bro, maju terus lestarikan IGOS dan FOSS. Go Open Source:)

Kobidu

Adi Waskita Dharma said...

anonim : Masama brotha.. :cendol

Rezdown7 said...

susah sob dapet yang asli di indonesia,,
saya di makassar belinya di mall tp pas buka isinya,,walah.. terxt bajakan juga,,hehe

jadi yah sebagai pembeli mau di apa lagi,, terpaksa mendukung pembajakan,,dri pada gk dapet,,hehe

Agriculture Product said...

ada benarnya juga sih tentang artikel ini...terima kasih sob...

Adi Waskita Dharma said...

@rezdown7 : kalo saya pake alternative linux.. sulit memang, namun saya belajar menggunakannya perlahan.. dan sampai sekarang masih belajar menggunakannya he he he.. mungkin anda bisa coba

@agriculture Product: iya sekarang indon masuk pada ranking 10 besar negara dengan pembajakan software terbesar

Adis Production said...

hhmm.. kalo yg original mahal Gan.. ga mampu belinya.. tapi Software sangat ane butuhkan.. jadi mau ga mau pakai yg bajakan deh.. hehe

Adi Waskita Dharma said...

@adis itulah kita sebenarnya memegang prinsip ekonomi..
mengumpulkan keuntungan sebesar-besarnya dengan pengeluaran yang se dikit-dikitnya

Anonymous said...

ane juga mulai sadar...saya ga kuat beli windows..pa lagi spesifikasi komputer kudu tinggi..ane pakek komputer jadul pakek linux ubuntu lancar2 jaya..tapi buat teman2 berduit pun software asli sulit didapat di negri ini..pol mentok pesen online..kadang pejabat negri ini aja ga tau kalo software yang dia pakai bajakan..hehehehe..negri lucu memang,,heheheheheh...

Adi Waskita Dharma said...

@ anonim di atas : bukannya negerinya yang lucu.. namun kurangnya pemahaman [asal pake aja]

Anonymous said...

pakwe windows bajakan win7 64bit.. tapi pas cek dke microst dia bilang original.. ?
nah yg ini gimana dah? yg buat jadi os bajakan yg pinter ato yang bikin os-nya yg masih bnyak celah?...
kalo gag mau dibajak ya bikin sekuat mungkin kaliyah.. user terima beres... well bagaimana?..

Post a Comment

Para pengunjung yang terhormat, berhubung saya baru belajar, mohon kritik dan saran yang membantu..

silakan tinggalkan komentar...