Apr 5, 2011

Home » » Duduk lama itu awal petaka

Duduk lama itu awal petaka

Berapa Jam sehari ini anda melakukan aktivitas dengan duduk?? 5 jam?... 8 jam?? ato hampir seharian?..

lalu berapa jam anda jalan?

pernahkah anda olahraga?

Pertanyaan seperti itu tentu sangat penting dijawab di era serba otomatis ini. Bagaimana tidak? semua teknologi di dunia sekarang ini menurut  manusia menjadi mahluk Malas!! maksud saya disini adalah Malas bergerak! . Akibatnya? Manusia menjadi lemah!, sering sakit-sakitan.. diabetes, stroke, kencing manis, dan lain sebagainya.. Segala macam penyakit diawali dari suatu hal kecil, yaitu "MALAS" bergerak. tidak lebih..  

internet dari baru bangun sampai menjelang malam...Maen game online seharian, maen playstation semalaman ampe mata kering, surfing, blogging, internetan dari ayam berkokok hingga ayam teler, !!... dan semua itu adalah aktivitas duduk (walau ada yang sambil tiduran..itu sama saja).

coba renungkan, dari anda baru bangun sampai tidur.. apa saja aktivitas anda ?

mungkin jawabannya banyak.. namun berapa persenkah aktivitas yang melibatkan anda untuk duduk?
Sebuah artikel yang pernah saya baca mengatakan seperti ini :

 Tubuh manusia yang terbentuk sejak jutaan tahun lalu berkembang untuk melakukan satu hal, yaitu gerakan. Sebagai makhluk hidup, kita berevolusi untuk bisa berdiri tegak. Lingkungan kita sebenarnya menuntut aktivitas fisik," kata James Levine, MD, PhD,dari Mayo Clinic, Rochester seperti dilansir New York Daily News.

Mungkin teori itu benar.. namun menurut pendapat saya, saat ini teori tersebut malah terbalik.. manusia berkembang untuk melakukan satu hal, yaitu membuat alat bantu super canggih yang diharapkan dapat menggantikan pekerjaannya, sehingga manusia dapat duduk dengan santai..

setuju dengan pendapat saya?

nah.. kira-kira gambarannya seperti ini
gambar evolusi manusia

lho?? hubungannya dengan duduk apa?? :bingung

Menurut Marc Hamilton, PhD, profesor biomedis dari University of Missouri, metabolisme tubuh akan terganggu saat duduk dalam jangka waktu lama. Setelah duduk berjam-jam, tubuh akan mulai mematikan tingkatan metabolismenya, menurunkan sirkulasi dan sedikit membakar kalori. Semakin sedikit bergerak, semakin sedikit pula gula dalam darah yang digunakan tubuh. Bahkan setiap 2 jam duduk, kemungkinan terkena diabetes meningkat sebesar 7 persen.

menurut Genevieve Healy, PhD, dari Cancer Prevention Research Centre of the University of Queensland, Australia. Kebanyakan duduk  tidak baik untuk postur tubuh dan tulang belakang. "Bahkan jika Anda pergi ke tempat fitnes tiap hari, 60 menit waktu yang dihabiskan disana tidak akan bisa menggantikan kerusakan yang terjadi akibat tubuh yang duduk setiap hari.

dari bacaan diatas dapat diambil intisarinya adalah : Setiap kegiatan semestinya dilakukan dengan Seimbang... Antara istirahat dan melakukan aktivitas. Perbanyak bergerak sehingga peredaran darah lancar, jaga kesehatan.. jika tubuh sehat, maka aktivitas yang kita lakukan pun bisa maksimal..

jadi bagaimana?

masihkah anda duduk berlama-lama hanya untuk membaca ocehan saya yang tidak penting ini?

Artikel yang Berkaitan :

3 comments:

AriE ONly said...

iya gan, berhubung ane sbg OP warnet jd bnyk duduk.. tp lama2 ane mikir jg ane harus ada gerak ni badan.. jalannya y itu pas pengunjung sepi beres2 deh tu warnet kan berkeringat tu skalian olahraga hehehehe

oya salam kenal gan, pertamax maen kesini ni, ane follow skalian ya, ntar agan folow balik y ^^

Adi Waskita Dharma said...

@ Arie Only : iya gan.. duduk itu kadang membosankan, makanya kita mesti sedikit bergerak.. he he he..

thanks y dah comment

Adi Waskita Dharma said...

mestinya kita dapat menyeimbangkan pola hidup kita, antara belajar, olahraga, rohani, dll

thanks dh comment ya arzo>.. salam buat anak AMIKOM :mantap

Post a Comment

Para pengunjung yang terhormat, berhubung saya baru belajar, mohon kritik dan saran yang membantu..

silakan tinggalkan komentar...