Oct 26, 2012

Home » » » » virtual wifi adapter di windows 7

virtual wifi adapter di windows 7


Pada Windows 7, terdapat fitur Hostednetwork. hostednetwork adalah fitur WLAN baru dengan Layanan jaringan nirkabel. Fitur ini mengimplementasikan dua fungsi utama:
  1. Virtualisasi dari adaptor nirkabel fisik menjadi lebih dari satu adaptor nirkabel virtual yang kadang-kadang disebut sebagai virtual Wi-Fi.
  2. Sebuah perangkat lunak berbasis akses point nirkabel (Access Point) kadang-kadang disebut sebagai SoftAP yang menggunakan virtual adaptor nirkabel.
Kedua fungsi bejalan berdampingan dalam sistem Windows bersama-sama. Mengaktifkan atau menonaktifkan wireless hostednetwork, mengaktifkan atau menonaktifkan baik virtual Wi-Fi maupun SoftAP.

Dengan fitur ini, komputer Windows dapat menggunakan adaptor wireless fisik saja untuk menghubungkan sebagai klien sebagai jalur akses perangkat keras (Access Point), sementara pada saat yang bersamaan bertindak sebagai AP perangkat lunak yang memungkinkan perangkat nirkabel lainnya untuk terhubung ke sana juga. Lebih lengkapnya, baca disini

Virtual Wi-Fi adapter di windows 7 sangat membantu ketika saya mengalami kesusahan saat ingin berbagi koneksi internet antara laptop dengan handphone saya. Jelaslah karena selama ini saya hanya tahu sharing melalui ad-hoc. Untungnya di windows 7 sudah ada fitur virtual wifi adapter yang memungkinkan windows 7 kita membuat sebuah Virtual Access Point walaupun sekarang sudah ada aplikasi sejenis Connectify, namun dengan fitur bawaan windows 7 ini tentu kita tidak perlu lagi menginstall software tambahan bukan?

berikut adalah cara yang saya gunakan untuk mengaktifkan Virtual Access Point atau Virtual Wi-Fi di windows 7:
  1. Masuk ke command prompt melalui Start --> All Program -> Accesories -> Command Prompt. Klik kanan Run as Administrator
  2. Setting beberapa bagian dari Hostednetwork dengan mengetikkan perintah: netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid="namawifinya" key=Passwordwifikamu
  3. Aktifkan hostednetwork dengan mengetik perintah : netsh wlan start hostednetwork
  4. Virtual Access Point sudah siap digunakan
perintah di cmd

jika berhasil akan muncul Virtual Adapter


Artikel yang Berkaitan :

2 comments:

All About Anime said...

jnanayoga apa kabar??Sudah lama ga saling berkunjung, semoga sehat n sukses slalu ya bro!! Update terus ya!! :PP

muria said...

thanks

Post a Comment

Para pengunjung yang terhormat, berhubung saya baru belajar, mohon kritik dan saran yang membantu..

silakan tinggalkan komentar...

Protected by Copyscape Online Plagiarism Check