Jun 5, 2010

Home » » » Teknologi Bodoh dan Tolol

Teknologi Bodoh dan Tolol

Pepatah mengatakan semakin maju teknologi, maka, bersiaplah untuk hancur!. apakah hal itu benar??

siapa yang tahu..

Namun yang saya rasakan selama ini adalah "mungkin ada benarnya" bukan "benar adanya". ha ha ha ha.. hanya bercanda..

Seiring perkembangan intelektual manusia, maka manusia mulai menciptakan terobosan-teerobosan baru setiap dekadenya.. dan mereka sungguh bangga terhadap kemajuan hal itu. Mereka bangga menggunakannya. mereka mengatakan mereka adalah manusia "MODERN". Manusia yang bangga menggunakan dan seluruh hidupnya dipenuhi dengan apa yang mereka sebut "TEKNOLOGI". Namun, seiring berkembangnya teknologi di segala bidang, maka kehidupan manusia modern semakin kompleks, dan masalahnya pun semakin kompleks. manusia modern sulit untuk menemukan kebahagiaan, sulit untuk merasakan kebebasan, sulit untuk merasakan indahnya kebersamaan, super sibuk, tak punya waktu dan saya merasakannya.

tapi apakah kemajuan teknologi ini membuat perubahan penting pada manusia itu sendiri??

saya rasa tidak,!!

dari sekian buku sejarah IPTEK yang saya baca, kemajuan-kemajuan teknologi hanya berkisar di sekitar Makanan, Tidur, dan Refreshing!

benar??

Dulu tidur beralaskan tikar, tidur di gubuk yang disulam dengan kayu atau rotan atau bambu. kemudian lebih berkembang lagi... tidur di atas difan beratapkan genteng.. berkembang lagi tidur di atas springbed, di temani plasma tv. dulu manusia bekerja mencari uang hanya dari pagi sampai sore, malamnya kumpul bersama keluarga. Sekarang semenjak ada listrik, komputer, lampu, motor, bekerja dari pagi sampai pagi, tak ada waktu untuk keakraban. Dulu makan nasi dan sayur yang di petik dari halaman rumah, sekarang makan ke restoran, cepat dan siap saji. Dulu tak ada yang namanya teroris. Semenjak ditemukan detonator, atau dynamite, dan teori-teori ledakan kimia, banyak bom bertebaran!! dan masih banyak lagi..

satu hal yang mungkin paling sering dilupakan manusia, dalam hal kemajuan teknologi..

Dari dulu sampai sekarang, mana ada kemajuan di bidang rohani?? yang ada malah kemunduran!!


dulu jarang ada maling dan rampok, semenjak ada teknologi maju, orang-orang ditekan untuk mempelajarinya dan orang-orang yang tak mampu menjadi terdesak kemudian banyak menjadi rampok atau maling...(dalam hal ini relatif)

dulu jarang ada orang yang stress, stroke. semenjak manusia dituntut bersaing dalam bisnis global, bisnis perusahaan, pola hidup manusia jadi tak terkontrol, pola makan, pola tidur, menjadi tidak seimbang.... akibatnya semakin banyak penyakit orang kaya bermunculan..(stress lah..stroke lah.. gila lah...)

dulu menebang pohon hanya sekedar untuk membuat rumah dan perhari kayu di tebang barang satu atau dua pohon.. sekarang semenjak ada mesin, pemotongan kayu menjadi lebih mudah.. ribuan kayu di tebang dalam sehari. dibuat triplek, dibuat kertas, dan segala hal.. Sedangkan penanaman jarang dilakukan. Maka timbulah hutan gundul!! "Global Warming!!

dulu sebelum manusia mengenal rahasia ilmu kimiawi, jarang ada orang mati karena sakit pencernaan. Semenjak dikembangkannya ilmu kimia, maka munculah.. tahu berformalin, borax, minuman metanol.. sabu-sabu, pil ekstasi..pil kimia. Maka tak jarang orang sakit lantaran salah makan.. hypertensi lah.. keracunan lah..maag lah...sembelit, dan lain-lain

seandainya sekarang ada kemajuan di bidang Rohani, tentu hal itu dapat di kontrol.. tak ada lagi bom bunuh diri, tak ada lagi tetorist, tak ada lagi penipuan lewat teknologi informasi dan komunikasi, tak ada lagi keracunan formalin, tak ada lagi pembobol ATM, tak ada lagi perang nuklir, tak ada lagi mati karena narkoba dan tentunya...

DUnia tidak akan "KIAMAT!"...

Artikel yang Berkaitan :

4 comments:

Galeri Kuliner said...

mantabbb..
gw suka gaya lo..

Kadri-Blog.Blogspot.com said...

Bener Juga Ya? Tapi yang namanya Tekhnologi juga sangat penting untuk kehidupan manusia, Jadi Sejahtera dan lebih baik, Mengenai Kiamat yang PASTI terjadi Seperti Kematian yang PASTI akan datang ke setiap orang, Sekarang bagaimana cara terbaik kita menghadapi semua itu agar lebih baik dan lebih sabar, inilah dunia tempat kita, makan, tidur,dan eek. Setidak nya Kita bersyukur Telah Hidup Merasakan, Sakit,Bahagia ..[..] cukup ah Kepanjangan KOment KU!!

Anonymous said...

Postingannya kog kaya "CERPEN" ngga jelas,coba pakai bahasa yang sesuai.maksudnya bedakan antara artikel dan sebuah cerita ( cerpen ).
Bagusnya ada usaha untuk maju dan menerima masukan orang lain.
maju terus ...!!!

Adi Waskita Dharma said...

okeh makasi buat anonim.. dan yang diatas ane.. makasi atas commentnya

Post a Comment

Para pengunjung yang terhormat, berhubung saya baru belajar, mohon kritik dan saran yang membantu..

silakan tinggalkan komentar...