Apr 25, 2010

Home » » » C++ Program menentukan ganjil-genap

C++ Program menentukan ganjil-genap


Teman-teman ku sekalian, program dibawah ini adalah program untuk menentukan suatu bilangan ganjil atau bilangan genap pada bahasa pemrograman c++. Sebenarnya program ini adalah contoh pengaplikasian dari teori stuktur kontrol. Apa itu struktur kontrol??

Kalo belum tahu, silakan baca di sini.

Oke.. check it out….
Begini.. pertama kita buat logikanya…

Hm… gimana ya??

Oh… gini.. untuk bisa menentukan suatu bilangan itu ganjil atau genap, kita harus merumuskan bilangan genap itu rumusnya apa?? Dan bilangan ganjil rumusnya apa…

Apa ya??

Lho…kok balik nanya?? (he he he.. bercanda sob…!!)

Menurut saya nih ya… untuk menentukan bilangan ganjil, kita bisa menggunakan sisa hasil bagi atau dikenal dengan istilah mod. Nah… sebagai persyaratannya maka bisa dikatakan seperti ini..

Jika hasil bagi suatu bilangan oleh 2 itu sama dengan 0 (nol), maka bisa dikatakan bilangan itu adalah bilangan genap. (bahasanya ribet ya??)

Oke.. gini deh..

Jika suatu bilangan dibagi 2, dan sisanya adalah nol (0), maka bisa dikatakan bilangan itu adalah bilangan genap.
Jika suatu bilangan dibagi 2, dan sisanya tidak sama dengan 0, maka bisa dikatakan bilangan itu bilangan ganjil.

Nah… sekarang kita sudah mendapat logikanya… sekarang apa ya???

Hm…

Oh.. kita buat algoritmanya dulu deh…

Gini :


  1. deklarasi variabel (bilangan)
  2. masukkan nilai variabel bilangan
  3. IF (bilangan%2 != 0)
Tampilkan bilangan ganjil
ELSE
Tampilkan bilangan genap
  1. program selesai


Catatan penting:
C++ selalu memperlakukan nilai tidak sama dengan nol sebagai TRUE dan nilai nol sama dengan FALSE. Oleh karena itu, dua perintah di bawah ini adalah identik
if (bil % 2 != 0)
cout << “Bilangan ganjil”;
if (bil % 2)
cout << “Bilangan ganjil”
 jadi bisa pilih rumus yang mana aja… boleh kok..

nah… setelah membuat algoritmanya, kita bisa tuangkan kedalam bentuk program..
kalo punya saya begini…

#include <iostream.h>
#include <conio.h>

//program bilangan genap ganjil
void main()
{
int bilangan;//deklarasi variabel
cout<<"masukkan sebuah bilangan : ";
cin>>bilangan;
if(bilangan%2!=0)//struktur kontrol if else
cout<<" "<<bilangan<<" adalah bilangan ganjil";
else
cout<<" "<<bilangan<<" adalah bilangan genap";

getch();
}

Nah.. sekian dulu dari saya… semoga dapat membantu..

Salam hangat..

Artikel yang Berkaitan :

1 comments:

monsteronabox said...

makasih bang, berguna banget nih, :D

kalo ada waktu, boleh mampir ke blog saya. :)

Post a Comment

Para pengunjung yang terhormat, berhubung saya baru belajar, mohon kritik dan saran yang membantu..

silakan tinggalkan komentar...