Mar 20, 2011

Home » » Information Overloading

Information Overloading

Di Era tahun 2011 ini tidak sulit lagi untuk mendapatkan sebuah informasi, dari yang untuk sekedar tahu hingga yang berbentuk panduan komplit, hingga yang bersifat membangun dan bersifat merusak, sangat mudah didapatkan. Banyak sekali media informasi di dunia. Dari televisi, Radio, Surat kabar, Majalah,Buku dan yang paling populer diantara semua itu adalah Dunia Internet. (mengapa begitu??) Karena menurut pendapat saya, Media lain seperti Televisi, majalah,Buku, atau radio tidak jarang yang mencari informasi di Internet juga dalam menyajikan sebuah informasi. 

Saking Mudahnya kita mencari informasi tentang sesuatu, jika kita tidak mengerti tentang apa yang akan kita cari, pikiran kita akan kacau balau dibuatnya. Banyak Godaan yang muncul dalam proses mencari informasi sekarang.
 (apa hubungannya??) :bingung

Oke, sekarang saya contohkan seseorang pelajar ingin mencari tutorial tentang belajar pemrograman java. Kemudian dia memutuskan untuk mencari informasi di berbagai media (koran, buku, majalah, dan internet).Pertama Ia mencari informasi di internet(karena paling murah).Saat ia surfing (berselancar) di internet, ia memang mendapatkan apa yang ia inginkan. Sebuah Tutorial dan eBook tentang pemrograman Java yang banyaak sekali. Kemudian tanpa sengaja ia melirik situs Belajar Photoshop. Disana ia tertarik belajar photoshop karena melihat hasil-hasil yang menarik hatinya, ia mendownload semua tutorialnya. Kemudian tidak sengaja ia singgah di situs belajar flash. disana ia melihat banyak sekali tutorial yang bagus beserta hasil yang memuaskan(didalam hatinya ia berniat mendalami flash), Ia mendownload semua materi yang tersedia di situs tersebut. Dan akhirnya satupun dari sekian informasi yang ia peroleh tidak dibaca!! ia cuma mendownload dan tergoda dengan hal yang lain lagi. Ia lupa tujuan utamanya yaitu belajar pemrogramman java. (ini biasanya terjadi bagi Blogger mania)

Itu semua dikarenakan fokus pikiran kita tidaklah sempurna. Pikiran kita tergoda akan hal-hal yang baru, sehingga memungkinkan kita melenceng dari tujuan semula. Itulah yang menyebabkan seseorang menjadi gagal.. menjadi biasa-biasa saja (akibat tidak ada ketekunan dalam mempelajari suatu hal). Saran saya mengenai hal ini adalah kita hendaknya mencari informasi yang kita butuhkan saja, bukan informasi yang kita inginkan. Sehingga kita fokus terhadap suatu ilmu atau suatu kasus.

bagaimana dengan anda??

Pernahkah anda mengalami informartion Overloading??

salam

Artikel yang Berkaitan :

6 comments:

All About Anime said...

Halo sobat, Link sudah Terpasang dan juga sudah follow balik, TQ Sobat kerjasamanya

Rezdown7 said...

Iya Bener Tuh Sobat,,
klo Menurut Saya Ambil informasi Yang Positif n Yang penting saja buat diri kita,,seesuai kemmpuan kita juga.
----------------------
sok deh saya nih.. :D
nice post sobat,,
sukss sll

Nyayu Amibae said...

hmm... jujur aku juga pernah sih,, biasanya yang berhubungan dengan ebook... download sebanyak2nya klo koneksi bagus,, trus nikmati hasilnya pelan2 klo offline... hehehe btw itu termasuk informartion Overloading ga ya?? maaf klo ga nyambung komennya...hehehehe

jojo said...

wah bgs postny,,,mksh wat infony

Adi Waskita Dharma said...

@Nyayu he he he.. bisa juga..
@jojo : masama... salam kenal y jo? :mantap

Syamsudin said...

Kunjungan balik nih, mbah.
Makasih atensinya.
Kalo salah, mohon koreksi ...

Post a Comment

Para pengunjung yang terhormat, berhubung saya baru belajar, mohon kritik dan saran yang membantu..

silakan tinggalkan komentar...