Feb 23, 2011

Home » » mengubah nama distro ubuntu

mengubah nama distro ubuntu

"Om Suastiastu"
sifat manusia memang tidak pernah puas, selalu ingin mencoba. Seperti saya yang selalu ingin menemukan hal baru. Pada pekan lalu saya mendapat ilmu baru yaitu mengganti nama distro ubuntu seperti yang diinginkan". pergantian nama tersebut nantinya akan terlihat pada grub linux .(saat pemilihan sistem operasi)
tiga file yang saya edit yaitu
/etc/lsb_release
/etc/issue
/etc/issue.net
untuk mengganti ketiga file tersebut, pertama tekan Alt+F2 pada keyboard kemudian ketikkan "gksu nautilus" (untuk masuk ke root). cari ketiga file yang sudah saya sebutkan tentunya di direktory /lib diatas kemudian edit dengan memberikan nama sesuai keinginan.
kalau saya mengubah nama menjadi
DISTRIB_ID=Wayan-Buntu
DISTRIB_RELEASE=10.04
DISTRIB_CODENAME=meong
DISTRIB_DESCRIPTION="Wayan-Buntu 10.04"
pada lsb-release.
Kemudian untuk file issue dan issue.net saya mengubah nama dari Ubuntu 10.04 LTS, menjadi Wayan-Buntu 10.04.2 LTS.
ingat di save..
kemudian ketik di terminal
sudo update-grub
hasilnya dapat dilihat setelah restart.


tapi keesokan harinya saya tidak bisa membuka ubuntu software centre, dan mengupdate ubuntu, karena kone name saya ubah dari lucid menjadi meong, jadi sistem kita tidak dikenali sebagai ubuntu.. waduh.. jadi terserah pada teman pembaca sekalian, mau di ganti nama distronya atau tidak..

salam damai

"Om Santi, Santi, Santi, Om"

Artikel yang Berkaitan :

0 comments:

Post a Comment

Para pengunjung yang terhormat, berhubung saya baru belajar, mohon kritik dan saran yang membantu..

silakan tinggalkan komentar...

Protected by Copyscape Online Plagiarism Check