Oct 29, 2009

Home » » MENCEGAH INFEKSI SPYWARE

MENCEGAH INFEKSI SPYWARE


apakah anda sering internetan menggunakan laptop atau pc anda??
kalau iya, hati-hati!! waspadai serangan spyware.

apa sih spyware itu??
spyware adalah suatu program yang dapat mengancam keamanan laptop anda. ia bersifat licik nan cerdik. ia menginstal dirinya sendiri, atau kemudian menyembunyikan program yang terinstal di komputer anda.

apasih bahaya spyware itu?
1. spyware menginstal sesuatu yang disebut "Keystroke Logging" yaitu suatu program yang membolehkan kriminal digital untuk melihat semua yang anda ketik, termasuk password, atau sesuatu yang lebih penting, seperti no kartu kredit.
2. membajak browser internet dengan mengganti homepage default atau search engine, dan jejak surfing anda di dunia maya.
3. mengirimkan informasi pribadi ke hacker yang dapat digunakan sebagai pencurian identitas, atau untuk marketer online yang akan mengirimkan iklan pop-up kepada anda.

nah, untuk mencegah serangan dari spyware tersebut, kita harus mengenal cara spyware masuk dan mengganggu komputer anda.

1. iklan internet.
ketika anda mengklik pop-up, spyware akan mendownload dirinya sendiri secara otomatis ke komputer anda
2. software bajakan.
copy ilegal dari suatu software yang dijual pedagang eceran, atau mendownload software bajakan dari internet juga sering berisi spyware.
3. Antispyware gadungan
beberapa antispyware juga beresiko menginstal spyware ke komputer anda.
4. lampiran email.
seperti halnya virus, spyware dapat masuk ke komputer anda ketika anda membuka file attachement email yang sudah terinfeksi.
5. hackers
seorang hacker selalu siap untuk menemukan cara masuk ke dalam komputer anda melalui virus, worm, trojan horse, yang dapat menginstal spyware ke dalam sistem operasi anda.

nah... untuk itu, waspadalah!! ketika menjelajah dunia informasi digital!!

Artikel yang Berkaitan :

0 comments:

Post a Comment

Para pengunjung yang terhormat, berhubung saya baru belajar, mohon kritik dan saran yang membantu..

silakan tinggalkan komentar...

Protected by Copyscape Online Plagiarism Check