Jul 7, 2014

Home » » » Mengatur Brightness / Kecerahan layar Acer pada Ubuntu 14.04

Mengatur Brightness / Kecerahan layar Acer pada Ubuntu 14.04

Halo sobat, lama sudah saya tidak pernah update blog. Maklum banyak kesibukan.
Kemarin saya kembali mencicipi Ubuntu dimana saya baru menginstall ubuntu versi 14.04 di laptop saya (acer 4736). namun baru diinstall ternyata brightness nya tidak bisa diatur. Tombol shortcut juga sudah saya coba namun tidak berhasil. Beruntung saya bertanya pada teman sebelah astungkara ketemu solusinya. Berikut langkah yang saya lakukan, barangkali bisa membantu sobat yang mengalami masalah yang sama dimana brightness di laptop acer tidak bisa di atur dalam ubuntu 14.04
  1. Buka Terminal, atau dengan shortcut [Ctrl]+[Alt]+[T]
  2. Ketik sudo gedit /etc/default/grub
  3. Kemudian pada gedit, ganti :
GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT="quiet splash"
GRUB_CMDLINE_LINUX="" 

menjadi

GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT="quiet splash acpi_backlight=vendor"
GRUB_CMDLINE_LINUX="acpi_osi=Linux" 

Kemudian simpan, dan keluar dari gedit. Kemudian jalankan perintah diterminal

sudo update-grub

Restart laptop untuk melihat perubahan. dan laptop acer saya bisa di atur brightness atau kecerahan layar pada ubuntu 14.04

Artikel yang Berkaitan :

0 comments:

Post a Comment

Para pengunjung yang terhormat, berhubung saya baru belajar, mohon kritik dan saran yang membantu..

silakan tinggalkan komentar...

Protected by Copyscape Online Plagiarism Check